Yogyakarta Iku Ngangeni

 

Yogya Iku Ngangeni

 

Yogyakarta, kata tersebut selalu membuat saya merasa kangen ketika mendengarnya. Apalagi saat menulis artikel ini saya ditemani dengan lagu ‘Yogyakarta’ dari KLa Project, yang semakin membuat saya rindu untuk mengunjungi kota tersebut.

Walaupun tidak berada di Yogya, tetapi ketika mendengar lagu ‘Yogyakarta’, saya sudah merasa seperti di Yogya. Lagu tersebut dapat membawa saya bernostalgia di Yogya.

 

Seperti kata Joko Pinurbo, penyair Indonesia

Yogya terbuat dari rindu, pulang, dan angkringan

 

Bagi saya, Yogyakarta sudah saya anggap menjadi kampung ke-2.

Setiap liburan sekolah saya pasti selalu ke Yogya, entah mengapa ? Mungkin karena dulu, sebelum saya lahir, orang tua saya tinggal di Yogya. Jadi, saya sudah merasakan hawa Yogya sejak dalam kandungan dan mungkin ada sedikit jiwa saya yang tertinggal di Yogya. 😀

Kenangan yang tidak pernah terlupakan adalah ketika naik kereta untuk pertama kalinya dengan destinasi yang dituju ke Yogya.

Terakhir kali saya berlibur di Yogya itu saat SMP, sekitar tahun 2015.

 

 

 

Yogya Istimewa

Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia. Setiap tahun Yogya selalu dikunjungi sampai jutaan orang, baik itu dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Yogyakarta memang surganya tempat liburan. Mulai dari destinasi wisata alam hingga budaya, semua ada di sini.

Berbicara soal destinasi wisata di Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Ada banyak sekali destinasi wisata menarik yang bisa kita kunjungi di provinsi ini.

 

 

Destinasi Terbaik di Yogyakarta

 

1. Malioboro

Malioboro

Photo by Agto Nugroho via Unsplash

Pusat belanja para wisatawan di Yogya. Berbagai macam cendera mata, batik Yogya, kaos bertuliskan Yogya bisa Anda beli di sini. Jangan takut kelelahan berjalan dari ujung sampai ujung Malioboro, karena sudah disediakan bangku untuk tempat istirahat sembari menimati suasana Yogya. Apalagi saat malam hari sangat cocok untuk foto-foto yang instagramable.

 

2. Alun-Alun Yogya

Alun-Alun Yogya

Photo by Ichsan Pratama via Unsplash

Banyak hal yang dapat Anda lakukan di Alun-Alun Kidul Yogyakarta. Salah satunya yang menjadi favorit para wisatawan adalah melewati 2 pohon beringin, jika berhasil melewatinya, konon katanya keinginan Anda akan terwujud.

Tak kalah serunya ketika malam hari, Anda dapat menyewa sepeda tandem ataupun odong-odong berlampu berkeliling Alun-Alun, sekaligus Anda juga berolahraga loh.

Tak lupa juga cicipi jagung dan roti bakar dengan minuman wedang ronde sembari beristirahat menikmati halaman belakang Keraton Yogya di malam hari.

 

3. Taman Pintar

Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar merupakan destinasi wisata edukasi. Taman Pintar akan membuat Anda menjadi lebih tahu mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Terdapat banyak wahana yang ada di Taman Pintar, diantaranya Planetarium, Teater 4D, Dino Adventure, dan ada juga wahana Broadcasting untuk Anda yang ingin mencoba menjadi Presenter TV.

Taman Pintar buka mulai pukul 08.30 dan tutup pada pukul 4 sore.

 

4. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo

Photo by Radhianti D.W. via Instagram

Pasar Tradisional terlengkap di Yogya yang sudah menjadi tempat jual beli sejak tahun 1758. Di pasar ini, Anda dapat membeli batik Yogya, pakaian lurik, sampai jajanan pasar juga dapat Anda jumpai di sini.

Sembari berkeliling pasar, Anda juga wajib mencicipi minuman es cendol dawet khas Yogyakarta, yang pastinya beda dengan es cendol dari daerah lainnya.

Pasar Beringharjo merupakan bagian dari Malioboro. Jadi, jangan lewatkan perjalanan Anda di Malioboro tanpa mengunjungi pasar ini !

 

5. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Photo by Afif Kusuma via Unsplash

Candi Prambanan merupakan destinasi wisata sejarah yang terletak di bagian timur Yogya. Candi ini sudah masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO. Anda dapat dengan mudah mengunjunginya menggunakan bus Trans Jogja.

 

 

 

Barang yang Wajib dibawa Saat Liburan

Mempersiapkan barang sebelum pergi berlibur merupakan hal yang sangat penting. Namun, banyak yang menyepelekan hal itu. Akibatnya, ada saja barang penting yang tertinggal.

Apa saja sih barang yang wajib dibawa saat berlibur ?

1. Backpack & Travel Bag

Backpack

Jangan bawa tas terlalu banyak, sesuaikan dengan estimasi waktu liburan Anda !

Jangan lupa juga di dalam backpack Anda, masukkan handuk kecil serta Tisu Kering dan Basah !

 

2. Pakaian dan Alas Kaki yang Nyaman

Pakaian

Pakailah pakaian yang sesuai dengan destinasi wisata Anda ! Gunakanlah sepatu yang kedap air ataupun Anda juga dapat membawa sandal, sebagai persiapan jika sewaktu-waktu cuaca sedang hujan. Pastinya jangan gunakan aksesoris yang berlebihan !

 

3. Smartphone + Headset dan Powerbank

Smartphone

Barang yang wajib banget untuk dibawa. Selain sebagai alat komunikasi, HP juga dijadikan sebagai alat untuk mengabadikan momen-momen liburan Anda.

 

4. Obat-Obatan Pribadi

Obat

Obat pribadi, sangat penting dan jangan sampai terlupa dibawa. Jangan abaikan kesehatan kondisi tubuh Anda selama liburan. Jadi bawalah selalu obat-obatan pribadi, seperti obat sakit kepala, obat maag serta minyak kayu putih.

 

 

 

Liburan Bebas Cemas

Liburan memang sudah menjadi hal yang ditunggu-ditunggu oleh semua kalangan masyarakat sebagai penghilang stress setelah lelah beraktivitas.

Agar liburan Anda menjadi #LiburanBebasCEMAS, Anda wajib mempunyai #AsuransiPerjalanan !

Jika Anda membawa banyak barang berharga, ada baiknya lengkapi liburan Anda dengan asuransi perjalanan sehingga Anda akan mendapatkan kompensasi ketika koper rusak maupun ada barang yang hilang.

Tidak cuma itu saja, jika Anda menggunakan asuransi perjalanan dari #TokioMarineIndonesia, Anda akan mendapatkan :

  1. Perlindungan Kecelakaan Diri
  2. Biaya Pengobatan

Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi Instagram @tmipartner.

Jadi, gunakanlah selalu Asuransi Perjalanan dari Tokio Marine ! #NewTravelPartner untuk Liburan Bebas Cemas.

 

 

 

Liburan Penuh Makna Bersama Keluarga

Waktu terus berjalan, saya sudah dewasa dan orang tua semakin menua, apalagi ditambah dengan dengan adik saya.

Suatu saat saya ingin memanfaatkan waktu yang ada untuk pergi berlibur besama keluarga dengan menggunakan uang hasil dari kerja keras saya.

Walaupun hanya sekali seumur hidup.

Tetapi liburan itu pastinnya akan menciptakan kenangan yang indah yang akan selalu diingat seumur hidup.

Liburan menjadi salah satu cara saya menyatakan kasih sayang untuk keluarga.

Seperti pepatah mengatakan

Action Speak Louder than Words

Demas Reyhan Adritama

Seorang siswa TKJ SMK Telkom Purwokerto yang berusaha meningkatkan keahlian untuk menjadi Kreator Konten Digital

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *