Komputer dan Matematika

Pengertian Komputer

Komputer adalah perangkat mesin elektronik untuk mengolah data yang mampu mengambil informasi (input) dan memprosesnya untuk membuat informasi baru (output) yang diinstruksikan melalui sebuah program komputer.

 

Pengertian Matematika

Matematika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kuantitas, besaran, struktur, ruang dan perubahan.

 

Seiring dengan berkembangnya ilmu komputer, akhir-akhir ini banyak sekali peneliti yang mencoba membuat kajian dan melakukan pendefinisian terhadap ilmu komputer. Bagaimanapun juga dasar ilmu komputer adalah matematika dan engineering (teknik). Matematika memberikan metode analisis sedangkan engineering memberikan metode desain pada bidang ini.

Disiplin ilmu komputer sudah muncul sejak era tahun 1940, seiring dengan berkembangnya teori algoritma dan logika matematika, serta ditemukannya komputer elektronik dengan kemampuan penyimpanan program. Pada tahun 1930-an Alan Turing dan Kurt Godel berhasil memadukan algoritma, logika dan perhitungan matematika serta merealisasikannya dalam sebuah alat atau rele system. Prinsip algoritma yang digunakan adalah dari Ada Lovelace, yang dikembangkan 60 tahun sebelumnya.

John Von Neumann mendemonstrasikan salah satu karya fenomenalnya pada tahun 1945, yaitu sebuah arsitektur komputer yang disebut ‘Von Neumann Machine‘, di mana program disimpan di memori. Arsitektur komputer inilah yang kemudian digunakan oleh komputer modern sampai sekarang.

Tahun 1960 adalah era baru dimulainya formalisasi Ilmu Komputer. Jurusan Ilmu Komputer pada universitas-universitas mulai banyak dibuat. Disiplin ilmu baru ini kemudian terkenal dengan sebuatan Ilmu Komputer (Computer Science), Teknik Komputer (Computer Engineering), Komputasi (Computing) dan Informatika (Informatics).

Matematika dan Ilmu Komputer sangat erat kaitannya. Program-program yang terdapat pada komputer diciptakan oleh para ahli dengan pola pikir matematis. Seperti program C++ dan Turbo Pascal yang prinsip kerjanya menggunakan logika matematika. Begitu pula sebaliknya banyak masalah matematika yang dapat diselesaikan dengan menggunkan software komputer.

Demas Reyhan Adritama

Seorang siswa TKJ SMK Telkom Purwokerto yang berusaha meningkatkan keahlian untuk menjadi Kreator Konten Digital

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. 25 Agustus 2019

    […] Server adalah sebuah sistem komputer atau aplikasi yang bertindak sebagai perantara permintaan dari klien untuk mencari sumber daya dari […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *