Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang

Membuat blog itu mudah, Anda tidak perlu menguasai keahlian coding. Semua dapat dilakukan dengan mudah karena hadirnya era teknologi informasi yang semakin maju. Termasuk membuat blog, siapapun bisa membuatnya.

Ya, Anda dapat membuat blog sendiri dengan mudah. Anda dapat membuat website dengan cepat hanya dalam hitungan menit menggunakan platform CMS WordPress.

Artikel ini sangat cocok untuk Anda seorang pemula. Karena di artikel ini Anda tidak hanya belajar cara membuat blog, tetapi juga cara mengoptimasi serta menghasilkan uang dari blog yang telah Anda buat.

 

Berikut 5 langkah dasar untuk membuat blog :

  1. Tentukan Topik / Niche
  2. Pilih Platform Blog Terbaik
  3. Pilih Layanan Hosting Terbaik
  4. Tentukan Nama Domain
  5. Install WordPress.org

 

Anda akan mendapatkan banyak manfaat ketika memiliki blog. Bukan hanya manfaat bagi diri sendiri tetapi juga dapat memberikan manfaat bagi orang lain. Apa saja manfaatnya ?

    • Sarana Belajar Menulis untuk Anda. Wadah untuk Anda dalam meningkatkan keahlian menulis. Banyak penulis profesional yang mengawali karirnya dari blogging, contohnya ialah Raditya Dika.
    • Memberikan Informasi kepada Orang Lain. Anda bisa menjadikan blog sebagai sarana komunikasi, bertukar ide, dan berbagi pengetahuan yang Anda miliki melalui tulisan.
    • Meningkatkan Branding dan Penjualan Produk Anda. Tak jarang blog dari website perusahaan menjadi penting. Sebab dengan adanya konten yang berkualitas dapat meningkatkan reputasi bisnis dalam jangka panjang.
    • Menghasilkan Uang. Membuat serta mengelola blog yang baik dan benar bisa mendatangkan banyak pengunjung. Keunikan dan menariknya sebuah blog memungkinkan pengunjung untuk datang kembali dan mengklik iklan yang ada pada blog Anda.

 

Oke, apakah Anda sudah siap membuat blog ? Cermati dan teliti mengikuti langkah-langkah di bawah ini !

 

Cara Mudah Membuat Blog untuk Pemula

Cara membuat blog terdiri dari 5 langkah dasar. Mulai dari menentukan topik / niche, memilih platform blog, memilih hosting, menentukan nama domain, hingga menginstall WordPress.

1. Tentukan Topik / Niche Blog

Niche merupakan topik dari sebuah blog. Menentukan topik utama menjadi penting dalam membuat blog. Alangkah baiknya Anda menentukan niche yang fokus pada satu topik. Dengan fokus pada satu topik, Anda akan lebih mudah dalam menulis artikel dan mengembangkan blog Anda.

Pilihlah topik yang sesusai dengan kemampuan Anda ! Ada banyak jenis topik yang bisa Anda bahas. Seperti flora, fauna, traveling, ilmu pengetauan, teknologi, dan masih banyak topik menarik lainnya yang bisa Anda bahas pada blog Anda.

Banyak blogger pemula yang mengalami kesalahan karena asal membuat blog dan tidak menentukan niche terlebih dahulu. Jadi pastikan Anda memilih topik blog yang sesuai dengan passion Anda !

2. Pilih Platform Blog Terbaik

Setelah menentukan topik yang akan Anda bahas, langkah selanjutnya adalah memilih platform blog terbaik. Ini merupakan langkah teknis pertama yang akan Anda lakukan.

Platform blog adalah media yang Anda gunakan untuk mengelola blog, mulai dari mempublikasikan artikel hingga mengoptimasi blog.

Ada banyak platform blog yang dapat Anda pilih. Pastinya setiap platform blog memiliki fitur yang berbeda dan keunggulan tersendiri.

Platform blog yang paling populer dan banyak digunakan oleh para blogger adalah WordPress dan Blogspot. Kedua platform blog tersebut memiliki interface yang cocok untuk pemula dalam membuat blog.

Namun, saya merekomendasikan Anda untuk menggunkanan WordPress. Karena banyak alasan mengapa WordPress dijadikan sebagai platform blog terbaik.

  • Pertama, WordPress sangat ramah untuk pemula
  • Kedua, Menghasilkan kualitas blog yang tinggi
  • Ketiga, Memiliki komunitas pengguna yang besar
  • Keempat, Memiliki banyak fitur dan keunggulan
  • Kelima, Tersedia berbagai tema website yang menarik

3. Pilih Layanan Hosting Terbaik

Hosting merupakan tempat untuk menyimpan semua data yang diperlukan website sehingga bisa diakses melalui internet. Hosting bisa diibaratkan sebuah rumah.

Jika Anda menggunakan WordPress.com dan Blogspot, maka otomatis sudah disediakan hosting oleh platform blog tersebut. Tetapi, jika Anda menggunakan WordPress.org, maka Anda harus menyewa hosting sendiri.

Ada banyak jenis hosting yang bisa Anda gunakan, diantaranya ialah Shared Hosting, Cloud Hosting, dan VPS Hosting. Pastinya setiap jenis hosting memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk Anda seorang pemula yang baru memiliki website, saya merekomendasikan untuk menyewa Shared Hosting. Karena Shared Hosting merupakan jenis hosting yang memiliki harga sewa yang murah dan pengelolaan yang mudah.

Salah satu penyedia layanan hosting terbaik di Indonesia adalah Niagahoster. Karena di Niagahoster Anda dapat memilih berbagai paket hosting yang tepat. Didukung juga oleh sistem hosting super cepat dan sistem keamanan website extra.

Yang lebih menarik lagi jika Anda menyewa hosting di Niagahoster, Anda bisa mendapatkan domain gratis.

4. Tentukan Nama Domain

Jika tadi hosting diibaratkan sebuah rumah, maka domain adalah alamatnya. Ya, domain adalah alamat yang digunakan untuk mengakses website Anda.

Keuntungan lain yang didapatkan jika menggunakan WordPress.org adalah Anda bebas memilih ektensi domain. Sedangkan jika menggunakan WordPress.com dan Blogspot, maka Anda harus menambahkan wordpress.com atau blogspot.com pada akhir alamat website Anda.

Domain sendiri mempunyai banyak ekstensi, yaitu :

  • .com
  • .co.id
  • .id
  • .net
  • .org
  • .info

Dan masih banyak ekstensi domain lainnya. Tetapi yang paling popular digunakan ialah domain .com.

Saya sarankan untuk membuat nama domain yang singkat, mudah diingat, dan hindari penggunaan nama domain dengan angka dan tanda hubung. Maka dari itu, website Anda akan terlihat lebih professional.

5. Install WordPress.org

Inilah langkah teknis yang penting untuk membuat website, yaitu menginstall WordPress.org. Pada langkah ini saya akan menjelaskan cara install WordPress.org.

Walaupun sebenarnya ketika Anda membeli hosting di Niagahoster terdapat fitur Auto Install Website WordPress jika Anda memilih mengaktifkannya.

Berikut merupakan cara menginstall WordPress secara manual :

Langkah 1 Login cPanel

Login cPanel menggunakan URL yang telah diinformasikan melalui email, biasanya seperti ini -> https://namadomain/cpanel

Login_cPanel
Login cPanel

Langkah 2 Buka Softaculous Apps Installer

Langkah ini terdapat pada bagian bawah cPanel. Di Softaculous Apps Installer terdapat banyak pilihan Content Management System. CMS adalah software yang memudahkan Anda untuk membuat website karena tidak    memerlukan coding.

Karena kali ini akan menginstall WordPress.org, maka pilih WordPress.

Softaculous Apps Installer
Softaculous Apps Installer

Langkah 3 Klik Tombol Install Now

Install_Now
Install Now

Langkah 4 Pilih Domain

Pilih domain Anda pada kolom Choose Domain. Kosongkan kolom In Directory jika Anda tidak menginginkan installasi WordPress di Direktori

Choose_Domain
Choose Domain

Langkah 5 Isi Detail Website

Isi dengan nama blog Anda beserta deskripsinya pada kolom Site Name dan Site Description. Kolom deskripsi bisa juga Anda isi dengan slogan blog Anda.

Detail_Web
Detail Web

Langkah 6 Masukkan Username, Password, dan Email

Masukkan username, password, dan email untuk nantinya Anda gunakan login pada dashboard WordPress.

Akun_Settings
Akun Settings

Langkah 7 Pilih Tema WordPress

WordPress menyediakan berbagai macam tema gratis yang bisa Anda coba. Walaupun gratis, tema-tema WordPress tersebut memiliki UI/UX yang menarik dan pastinya SEO friendly.

Langsung saja pilih tema untuk website Anda, kemudian klik tombol Install.

WP_Themes
WP Themes

Langkah 8 Instalasi Selesai

Proses instalasi hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 menit. Jika instalasi berhasil maka akan menampilkan pesan sukses yang berisi alamat website dan URL login dashboard WordPress Anda.

Finish_Install
Finish Install

 

Cara Mengelola dan Mengoptimasi Blog

Ternyata pekerjaan Anda untuk menjadi blogger belum selesai. Anda harus mengelola dan mengoptimasi blog dengan baik dan benar.

Langkah optimasi blog penting Anda lakukan agar menghasilkan kinerja website maksimal. Anda akan dihadapkan pekerjaan mulai dari melengkapi informasi blog, membuat contact form, mengatur keamanan WordPress, membuat sitemap, hingga memasang plugin.

Plugin adalah suatu script tambahan yang dirancang untuk melakukan fungsi tertentu di WordPress. Plugin bertujuan menghasilkan WordPress semakin powerfull.

Tenang, tak perlu khawatir karena saya akan berikan caranya secara cepat dan tepat. Yuk simak tips trik di bawah ini !

1. Optimasi dan Pelajari SEO

Search Engine Optimization adalah usaha mengoptimasi website agar mendapatkan peringkat teratas hasil pencarian Google. SEO sangatlah penting agar dapat menghasilkan konten-konten berkualitas. Dengan begitu reputasi website Anda tinggi. Blog Anda akan semakin dikenal dan dipercaya.

Ketika Anda membuat blog, Anda diharuskan mempelajari SEO. Terdapat 2 jenis SEO, yaitu :

  • On-page SEO

Faktor-Faktor yang menentukan teroptimasi tidaknya website Anda terhadap mesin pencari yang dilihat dari dalam website itu sendiri.

  • Off-page SEO

Usaha-usaha optimasi mesin pencari yang dilakukan dari luar website.

Anda bisa mencoba memasang plugin Yoast SEO untuk optimasinya. Fitur-fitur yang disediakan oleh Yoast SEO sudah cukup lengkap untuk meningkatkan SEO website Anda. Beberapa fitur tersebut adalah :

  • Meta Robot
  • Sitemaps XML
  • Title and Meta Description
  • Breadcrumbs
  • SEO Analysis
  • Readibility Analysis
  • Google Webmaster Tools Verification

2. Riset Keyword

Riset keyword adalah hal penting dalam mengelola blog. Hal ini berguna untuk membantu Anda menemukan kata / frasa yang tepat terhadap apa yang orang cari di Google dan untuk melihat rata-rata jumlah pencariannya per bulan.

Berikut tools yang bisa Anda gunakan untuk riset keyword :

3. Tingkatkan Kecepatan Blog

Kecepatan website berpengaruh juga pada reputasi blog Anda. Pengunjung tidak menyukai website yang memiliki loading lama. Pastinya Google akan menyukai website yang memiliki loading cepat.

Anda bisa memasang plugin LiteSpeed Cache untuk membantu meningkatkan performa kecepatan website Anda.

Dengan begitu, jika website Anda memiliki loading yang cepat maka kemungkinan pengunjung untuk datang kembali semakin tinggi dan Google akan memberikan penilaian yang bagus terhadap peringkat website Anda.

4. Lakukan Pengamanan Website

Inilah hal krusial yang perlu anda lakukan pada website Anda agar terhindar dari serangan hacker jahat. Saya akan berikan tips jitu dalam mengamankan website :

  • Selalu update versi WordPress
  • Gunakan password yang rumit
  • Memasang plugin keamanan website

Anda bisa menggunakan plugin Wordfence. Wordfence memiliki fitur yang lengkap dalam memberikan keamanan pada website WordPress Anda. Berikut fitur-fiturnya :

  • Web Application Firewall
  • Block Malicious Traffic
  • Malware Scanner
  • Brute Force Protection
  • Security Vulnerabilities Checks
  • Two-Factor Authentication
  • Login Page CAPTHA
  • Live Traffic

5. Integrasi dengan Google Analytics dan Google Search Console

Jangan lupa juga manfaatkan Google Analytics dan Google Search Console. 2 software gratis tersebut memang sangat diperlukan oleh pemilik website.

Google Analytics membantu mengetahu performa website Anda dan memahami perilaku pembaca blog, seperti apa yang mereka cari, artikel yang sering dikunjungi, artikel yang jarang dikunjungi serta lama waktu pengunjung membaca blog Anda.

Anda dapat menggunakan insight yang diberikan oleh Google Analytics untuk membuat konten-konten yang lebih berkualitas.

Sedangkan, Google Search Console membatu Anda melakukan monitoring terhadap kinerja website di mesin pencari Google, indeks sitemaps.xml, dan melihat backlink terhadap blog Anda.

6. Membuat Sitemaps.html

Sitemaps.html adalah daftar isi berupa kumpulan dari postingan, laman maupun yang telah di publish pada blog.

Untuk membuat sitemaps.html terdapat 2 cara, yaitu :

  • Menggunakan plugin. Anda tidak perlu coding untuk membuatnya. WordPress menyediakan berbagai pilihan plugin html sitemap gratis.
  • Tanpa Plugin. Anda harus menguasai coding HTML, CSS, dan PHP.

Anda bebas untuk memodifikasinya dan bisa menghasilkan sitemaps yang terlihat lebih menarik

7. Promosikan Blog Anda

Anda tidak hanya dituntut untuk menguasai menulis konten tetapi juga teknik mempromosikannya. Promosi blog menjadi penting agar dapat menjangkau pengunjung lebih luas dan bisa meningkatkan traffic website Anda.

Anda dapat memanfaatkan plugin AddThis untuk mempromosikan blog Anda. Fitur yang disediakan juga beragam, yaitu :

  • Share Tools. Pengunjung dapat membagikan konten yang Anda buat ke media sosial.
  • Follow Tools. Pengunjung dapat terhubung dan mengikuti media sosial Anda.
  • Link Promotion. Mengarahkan pengunjung ke halaman / tautan yang Anda inginkan untuk mereka lihat.
  • List Building. Mengumpulkan email pengunjung agar mendapatkan lebih banyak pelanggan blog Anda.

8. Bangun Backlink Berkualitas

Backlink adalah sebuah tautan yang di pasang pada website lain yang mengarah ke website Anda ataupun sebaliknya.

Backlink berguna untuk menjaga reputasi website di Google, meningkatkan kredibilitas website, dan mendatangkan banyak traffic ke website.

9. Optimasi untuk Mobile

Mayoritas pengguna internet di Indonesia menggunakan perangkat mobile. Artinya banyak pengunjung blog Anda berasal dari pengguna smartphone.

Maka dari itu Anda harus melakukan optimasi blog untuk perangkat mobile. Anda bisa menginstall plugin AMP WordPress.

Plugin AMP WordPress dapat membuat website Anda lebih responsive terhadap perangkat mobile maupun perangkat desktop.

Website yang mengutamakan penggunanya akan memberikan pengalaman yang berkesan untuk mereka.

 

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Pernahkan Anda mendengar blogger profesional yang mampu menghasilkan hingga ratusan juta per bulan.

Ternyata mereka tidak hanya bergantung pada satu sumber penghasilan saja.

Ada banyak cara untuk dapat menghasilkan uang dari blogging. Apa saja ?

1. PPC (Paid Per Click)

PPC merupakan cara paling umum untuk menghasilkan uang di blog, pengiklan (advertiser) hanya membayar jika ada yang mengklik iklannya.

Salah satu program PPC yang paling popular adalah Google Adsense. Para publisher banyak menggunakan Google Adsense karena kemudahan serta bukti nyata untuk menghasilkan uang dengan memasang iklan di blog.

2. Menjual Jasa

Jika Anda sudah memiliki keahlian lebih dalam membuat konten tulisan dan reputasi website Anda bagus, cobalah cara yang satu ini.

Anda bisa menjual jasa seperti menulis artikel, paid promote, optimasi SEO, dan bahkan endorse.

3. Membuat Kursus Online

Anda yang telah profesional cocok menggunakan cara ini.

Cobalah untuk mendokumentasikan suatu keahlian yang Anda tekuni dengan cara menjualnya melalui kursus online. Bisa berupa video, ebook, ataupun tulisan. Kursus online contohnya :

  • Penulisan
  • SEO
  • Digital Marketing
  • Pemrograman
  • dan masih banyak contoh lainnya yang bisa Anda coba.

Pastikan materi yang Anda berikan dapat tersampaikan dengan jelas dan bermanfaat bagi orang lain.

4. Menjual Produk Pribadi

Jika Anda belum percaya diri untuk membuat kursus online, maka cara ini solusinya. Anda dapat menjual produk seperti ebook, audiobook, tema wordpress, dan program aplikasi.

Jualah produk original pada website Anda, yang memang Anda ciptakan sendiri.

5. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah suatu cara mempromosikan produk / jasa orang lain dengan imbalan / komisi jika terjadi penjualan.

Prosesnya Anda hanya memasang link affiliate pada website, kemudian jika orang lain mengklik link affiliate tersebut dan membeli produk, maka Anda akan mendapatkan uang.

Anda bisa bergabung dengan Program Aflisiasi Niagahoster. Program Afiliasi Niagahoster akan memberikan Anda komisi sebesar 70%.

Ayo daftarkan diri Anda segera ! Karena program ini gratis dan telah banyak orang yang bergabung dan berhasil mendapatkan hingga ratusan juta rupiah.

 

Selamat Anda Telah Berhasil Menjadi Blogger

Sudah tahu kan cara membuat blog yang menghasilkan uang ? Memang untuk membuat website yang professional tidaklah gratis. Contohnya Anda harus membeli hosting dan domain, tapi semua itu akan terbayarkan lebih jika Anda rajin publish artikel.

Semoga Anda bisa menjadi Blogger Sukses…

Share jika artikel ini bermanfaat !

Demas Reyhan Adritama

Mahasiswa Jurnalistik Fikom Unpad yang berusaha meningkatkan keahlian untuk menjadi Kreator Konten Digital

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *