Mewujudkan Internet Cepat dan Aman di Ruang Publik

 

Kualitas Jaringan Internet

Sumber : smktelkom-pwt.sch.id

 

 

Pada era digital saat ini pertumbuhan Internet berkembang cepat. Dimanapun berada Internet selalu ada.

Jika sinyal Internet bisa terlihat dengan mata kita sendiri tanpa menggunakan alat maupun program canggih apapun, pasti dunia ini terasa penuh dengan sinyal jaringan telekomunikasi internet yang tersebar mengelilingi kita.

 

 

Perkembangan Internet di Indonesia

Saat ini Internet bisa dibilang sudah menjadi gaya hidup bagi manusia, terutama generasi milenial.

Dulu Internet hanya bisa dijumpai di kota-kota besar saja, tetapi dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, saat ini Internet bisa Anda jumpai di desa-desa.

 

Bakti Kominfo

Akses InternetBTS USO
Finansial InklusiPalapa Ring

Program dari Kementrian Komunikasi dan Informatika, salah satunya menyediakan akses Internet untuk daerah 3T, yaitu daerah yang terdepan, terluar dan tertinggal di Indonesia. Program dari Pemerintah ini pastinya sangat disambut dengan suka cita oleh masyarakat di daerah-daerah tersebut.

Karena dengan disediakannya akses Internet di berbagai dearah di Indonesia maka akan meningkatkan akses masyarakat terhadap informasi publik serta dapat meningkatkan produktivitas lapangan kerja dan ketersediaan informasi yang cepat yang dapat dengan mudah digunakan di berbagai aspek kehidupan, salah satunya untuk meningkatkan pertumbuhan e-commerce.

 

 

Pengaruh Internet Bagi Masyarakat

Hadirnya Internet memang sangat berpengaruh bagi masyarakat. Akses internet dapat menunjang konektivitas seluruh wilayah di Indonesia.

Internet telah mengubah cara pandang dan hidup seseorang, contohnya Anda dapat membeli barang dari rumah hanya dengan bermodalkan gawai dan akses internet.  Anda bisa mendapatkan barang yang diinginkan tanpa perlu pergi datang ke toko.

Seperti Internet, pertumbuhan e-commerce juga berkembang cepat. Indonesia telah mempunyai 2 startup e-commerce yang telah menjadi Unicorn, yaitu Bukalapak dan Tokopedia, dan telah mempunyai puluhan juta pengguna.

 

 

Internet di Ruang Publik

Dulu akses Internet sangat terbatas, yang hanya bisa dijumpai di kantor perusahaan ataupun kantor pemerintahan saja. Tetapi dengan perkembangan zaman dan di era yang serba digital saat ini, internet dapat kita jumpai dimanapun, dari mulai pusat perbelanjaan, sekolah, kampus, bahkan rumah pun telah disediakan akses internet.

Tetapi tidak semua ruang publik menyediakan akses internet secara gratis, adapun ruang publik yang memberi password pada akses internetnya.

Seperti cafe, untuk dapat menggunakan akses internet, mungkin harus membeli makanan terlebih dahulu.

Serta WIFI.ID yang sudah terkenal dari Telkom Indonesia, yang harus membeli voucher terlebih dahulu untuk menggunakan akses internet.

Walaupun akses internet sudah diberi password di beberapa ruang publik, terkadang ada saja orang dapat mengetahui password tersebut dengan cara meretasnya. Sepanjang-panjangnya password, pasti dapat diketahui juga oleh orang-orang yang usil tersebut. Pada era digital ini peretas itu sedikit, tetapi teknik meretas yang banyak, bisa dibilang teknik peretasan yang semakin cerdik.

 

Kekurangan Jaringan Internet di Ruang Publik

Akses Internet di ruang publik pastinya ada kekurangan dan kelebihannya, baik itu akses internet yang diberikan secara gratis maupun akses internet yang berbayar.

Salah satu kekurangan dari akses internet yang disediakan di ruang publik yaitu kualitas jaringan yang buruk, apalagi akses internet yang diberikan secara gratis. Kualitas jaringan yang tidak cepat, bisa juga dikarenakan pengguna yang mengakses internet di ruang publik banyak, serta jumlah bandwidth dari jaringan internet tersebut yang terbatas.

Terkadang ada juga orang-orang yang usil dengan cara mematikan akses jaringan internet orang lain dengan menggunakan program canggih, yang pastinya membuat pengguna internet di ruang publik kesal.

 

 

Solusi Permasalahan Jaringan Internet di Ruang Publik

NetMonk

NetMonk dari Ketitik hadir memberikan solusi terhadap permasalahan dari kualitas jaringan internet di ruang publik. NetMonk adalah aplikasi untuk monitoring jaringan yang dapat memprediksi lalu lintas jaringan internet serta pemrosesan data secara real time.

Untuk dapat menginstal aplikasi NetMonk, sebuah perangkat jaringan harus memiliki minimum RAM 4GB dan penyimpanan 500GB, serta akses terbuka untuk port 9001 (web) dan 8000 (API).

Aplikasi NetMonk dapat diunduh di website resminya di https://ketitik.com/netmonk.

Anda dapat menggunakan NetMonk hanya dengan satu perintah saja.

Caranya :

  1. Unduh script instalasi
  2. Jalankan file yang diunduh di terminal ($ ./install.sh <server_ip_address>)

Jika masih belum yakin dalam melakukan penginstallan sendiri atapun ada hal-hal yang ingin ditanyakan, bisa langsung meminta bantuan dari tim Ketitik dengan mengirimkan email ke [email protected] maupun menghubungi +62 811 1993 000 !

Jadi, tunggu apalagi, ingin jaringan internet cepat dan aman, Instal NetMonk ❗

NetMonk, Monitoring Internet Dengan Mudah

 

 

Internet membuktikan :

Dunia Dalam Genggamanmu !

 

Demas Reyhan Adritama

Seorang siswa TKJ SMK Telkom Purwokerto yang berusaha meningkatkan keahlian untuk menjadi Kreator Konten Digital

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *