Membangun Sukses Online Pada Era Revolusi Industri 4.0

 

Revolusi Industri 4.0

 

 

 

Saat ini teknologi semakin berkembang, dengan banyak bermunculan layanan berbasis data.

Ini menandakan bahwa kita sudah berada di Era Revolusi Industri 4.0.

Perkembangan bisnis pada Era Revolusi Industri 4.0 saat ini menjadi tantangan yang harus dihadapi bagi sumber daya manusia di Tanah Air terutama generasi muda untuk membangun kesuksesan secara online.

Revolusi Industri 4.0 mencakup 4 bidang teknologi canggih, yaitu :

  1. Cyber Physical Systems
  2. Internet of Things
  3. Cloud Computing
  4. Cognitive Computing

 

 

 

 

Menuju Indonesia Maju

Revolusi Industri 4.0 telah mengubah cara pandang dan perilaku masyarakat Indonesia dalam kehidupan.  Teknologi yang berkembang saat ini banyak memberikan perubahan besar.

Perubahan tersebut yang akhirnya memunculkan ide-ide baru dalam berbisnis.

Salah satunya banyak  bermunculan platform e-commerce, yang dapat memudahkan proses jual beli. Anda dapat membeli barang yang anda inginkan dari rumah hanya dengan bermodal gawai dan internet.

Pemerintah Indonesia juga akan memberdayakan UMKM, yang telah tercantum dalam 10 Prioritas Nasional ‘Making Indonesia 4.0’. Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk membangun platform e-commerce bagi para pelaku UMKM.

Tetapi untuk para pelaku UMKM jangan takut menghadapi Revolusi Industri 4.0, tetaplah fokus pada produk yang dijual, jangan khawatir terhadap persaingan usaha. Gunakanlah teknologi saat ini dengan bijak. Sebenarnya pada Revolusi Industri 4.0 peluang usaha itu besar, tinggal bagaimana memanfaatkan kesempatan itu dengan sebaik-baiknya.

 

 

 

Making Indonesia 4.0

Making Indonesia 4.0

Selain memberdayakan UMKM, Pemerintah Indonesia melalui program ‘Making Indonesia 4.0’ dalam 10 Prioritas Nasional juga akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pemerintah Indonesia akan memperbaiki kurikulum dan kualitas pendidikan agar sesuai dengan kebutuhan industri di Era Digital saat ini maupun masa mendatang. Terutama kualitas sekolah kejuruan.

Untuk meningkatkan daya saing dan membangun Indonesia yang lebih maju, sumber daya manusia di Tanah Air, khususnya generasi muda harus memahami ataupun memiliki salah satu keahlian dari 8 bidang teknologi, seperti berikut :

  1. Artificial Intelligence
  2. Big Data Analitycs
  3. Cyber Security
  4. Digital Policy & Cloud Computing
  5. Graphic Design & Animation
  6. Internet of Things
  7. Machine Learning
  8. Programming & Coding

8 bidang teknologi tersebut dapat dengan mudah dipelajari. Salah satunya dengan mengikuti program Digital Talent Scholarship dari Kementrian Komunikasi dan Informatika. Dengan mengikuti program tersebut anda akan mendapatkan beasiswa pelatihan serta anda juga telah mendukung Indonesia untuk lebih maju menuju Industri 4.0.

 

 

 

 

Yuk Belajar Coding !

Pendidikan Teknologi Informasi & Komunikasi sejak dini itu penting, terutama coding. Contohnya di negara Singapura dan Cina, coding sudah diajarkan sejak dini. Dulu kita belajar excel ataupun powerpoint, tetapi pada Era Digital saat ini tidak cukup untuk mempelajari kedua hal tersebut dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. Kita harus belajar coding. Belajar coding itu sederhana.

Coding bukan hanya menulis algoritma pemrograman. Coding adalah menulis masa depan.

 

 

 

Platform Belajar Coding Online

Platform Coding

Belajar coding dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Pada Era Digital saat ini, kita dapat belajar coding dengan gratis, dengan bermodalkan gawai dan internet. Tidak perlu mencari sekolah coding dan mengeluarkan banyak biaya. Hanya duduk di rumah, Anda dapat menguasai bahasa pemrograman.

Sudah banyak platform belajar bahasa pemrograman secara online, seperti W3Schools, platform asal luar negeri, tepatnya Norwegia yang sudah sangat terkenal. Belajar coding di W3Schools sangat mudah dipahami, karena telah mendukung 103 bahasa, salah satunya Bahasa Indonesia. Materi coding yang diberikan sangat beragam, seperti bahasa pemrogramam HTML, CSS, JavaScript, SQL, PHP, jQuery, dan Python.

Indonesia juga punya platform untuk belajar bahasa pemrograman sekaligus Internet of Things, keahlian yang dibutuhkan pada Industri 4.0, yaitu Arkademy. Arkademy adalah platform edukasi teknologi yang telah sesuai dengan standar industri digital, sehingga kemampuan pemrograman para murid dapat meningkat dan siap untuk bekerja.

 

 

Modul Belajar Arkademy

Arkademy telah menyediakan banyak modul belajar, yang terbagi dalam 2 kategori.

 

Modul Bahasa Pemrograman
  1. HTML
  2. CSS
  3. JavaScript
  4. GIT
  5. PHP & MySQL
  6. NodeJs & MongoDB
  7. ReactJS
  8. Python
  9. React Native & Redux
  10. Kotlin
  11. Golang

 

Modul Internet of Things

1. D’Egg

Mengontrol suhu dan mengatur suhu penetasan.

2. D’Fish

Memberi pakan otomatis.

3. D’Green

Mengukur kelembaban tanah otomatis.

4. D’Light

Mengendalikan lampu dari mana saja dan kapan saja.

5. D’Rubbish

Mendeteksi muatan tempat sampah otomatis.

6. D’Visi

Mengetahui ada tidaknya seseorang dalam ruangan.

7. D’Water

Mengukur kelembaban tanah otomatis.

 

Ayo para pemuda-pemudi Indonesia belajar teknologi, jangan kalah sama anak-anak, seperti Hillary Yip, perempuan berumur 13 tahun asal Hongkong yang sudah menjadi CEO MinorMynas. MinorMynas adalah platform edukasi online untuk belajar bahasa. Indonesia juga punya anak berbakat di bidang teknologi, ia bernama Yuma Soerianto, programmer cilik yang telah membuat 8 game iOS dan 8 game HTML.

 

 

 

 

Pentingnya Website Pada Revolusi Industri 4.0

Website

Diprediksi sekitar tahun 2030-an beberapa pekerjaan yang ada saat ini akan hilang. Tetapi jangan takut, karena pekerjaan-pekerjaan baru yang muncul akan lebih inovatif. Pekerjaan-pekerjaan yang mungkin saat ini belum banyak peminatnya dan terbilang baru, mulai tahun 2020 akan banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan. Salah satunya Ahli Search Engine Optimization. Saat ini orang yang ahli Search Engine Optimization masih sedikit, karena untuk dapat memiliki keahlian dalam bidang SEO perlu ketekunan dalam mempelajari algoritma Google yang selalu berganti. Ahli SEO harus memiliki komitmen untuk memunculkan website atau blog yang dioptimasi pada halaman pertama Google. Gaji yang diperoleh ahli SEO yaitu 4,8 juta sampai 8,7 juta rupiah.

Website pasti diperlukan pada Revolusi Industri 4.0. Website atau blog bisa digunakan untuk mempromosikan usaha atau bisnis Anda dan juga bisa berbagi cerita-cerita ataupun pengetahuan-pengetahuan yang Anda miliki. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari blog yang Anda kelola.

Untuk meraih kesuksesan secara online dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 para pelaku UMKM harus memiliki website. Website diperlukan agar promosi yang dilakukan dapat menjangkau sampai mancanegara.

Pada Era Digital saat ini banyak kemudahan-kemudahan yang bisa didapatkan dalam membuat website. Salah satunya menggunakan CMS WordPress, Anda tidak perlu memiliki keahlian coding untuk membuat website. Pemilihan hosting dan domain juga wajib Anda perhatikan dalam membuat website. Banyak penyedia layanan hosting yang memberikan harga murah, tetapi tidak berkualitas.

 

 

 

Web Hosting No 1 di Indonesia

Niagahoster

Untuk Anda yang baru pertama kali membuat website, Anda wajib menggunakan layanan hosting dari Niagahoster. Niagahoster memberikan layanan hosting terbaik dan pastinya berkualitas. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan layanan dari Niagahoster. Salah satunya, ketika membeli hosting, Anda akan mendapatkan domain gratis. Selain itu, untuk Anda yang masih pemula, Anda tidak perlu bingung dalam menginstall WordPress, karena tim dari Niagahsoter akan membantu dalam proses instalasi website WordPress. Anda juga akan mendapatkan e-book tentang langkah-langkah penggunaan WordPress secara gratis. Tetapi jangan takut terhadap biaya yang Anda bayarkan untuk pembuatan website WordPress, karena Niagahoster menjamin harga termurah dan lebih terjangkau dari penyedia web hosting Indonesia lainnya.

Jadi untuk para pelaku UMKM, ayo buat website untuk usaha Anda di Niagahoster agar dapat sukses online !

Jangan takut ! Karena tim support Niagahoster siap sedia membantu Anda selama 24 jam.

 

Kembangkan bisnis Anda melalui website !

 

Niagahoster, Solusi Hosting Terbaik Untuk UMKM

 

Demas Reyhan Adritama

Seorang siswa TKJ SMK Telkom Purwokerto yang berusaha meningkatkan keahlian untuk menjadi Kreator Konten Digital

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *