Ekonomi Digital

 

Indonesia saat ini seperti yang kita ketahui terus berubah. Salah satu dasar pendorongnya merupakan ekonomi digital. Pada intinya ekonomi digital bukan tentang Startup ataupun Unicorn, melainkan tentang penggunaan teknologi terbaru untuk dilakukan agar menjadi lebih baik.

 

Ekonomi Digital adalah kegiatan ekonomi yang dihasilkan dari miliaran koneksi online setiap hari antara orang-orang, bisnis, perangkat, data dan proses yang didasarkan pada teknologi komputasi melalui interaksi profesional yang dimungkinkan oleh Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

 

#Ecodigi juga bisa disebut sebagai Ekonomi Internet, Ekonomi Baru maupun Ekonomi Web.

 

Ciri khas dari Ekonomi Digital yaitu hyperconnectivity yang berarti meningkatnya keterkaitan orang ataupun organisasi yang dihasilkan dari Internet of Things (IoT).

 

Ekonomi Digital mencerminkan perpindahan dari revolusi industri 3.0 menuju revolusi industri 4.0. Revolusi industri 3.0 terkadang disebut sebagai revolusi digital, hal ini disebabkan karena perubahan yang terjadi pada akhir abad ke-20 dengan transisi dari perangkat analog ke perangkat digital. Revolusi industri 4.0 dibagun di atas revolusi digital, karena teknologi saat ini terus menjembatani antara dunia fisik dan dunia maya.

 

Meskipun beberapa organisasi dan individu menggunakan teknologi untuk menjalankan tugas-tugas yang ada di komputer, ekonomi digital lebih maju dari itu. Ekonomi Digital menyoroti peluang dan kebutuhan organisasi dan individu untuk menggunakan teknologi dalam melaksanakan tugas-tugas dengan lebih baik, lebih cepat, dan berbeda dari sebelumnya.

 

Ekonomi Digital mampu untuk memanfaatkan teknologi dalam melaksanakan tugas dan terlibat dalam kegiatan yang tidak mungkin di masa lalu. Peluang seperti itu ditujukan agar menjadi lebih baik, lebih banyak dan berbeda dalam melakukan hal-hal baru yang terdapat dalam konsep Ekonomi Digital.

 

Banyak pengusaha Indonesia menggunakan teknologi yang mendorong Ekonomi Digital untuk menciptakan perusahaan baru dan model bisnis baru, seperti Adorable Projects dan Damn ! I Love Indonesia.

 

Ekonomi Digital telah menciptakan perubahan. Perusahaan baru dan cara baru berinteraksi telah muncul. Namun, banyak perusahaan dan industri yang tidak dapat memanfaatkan teknologi untuk mengubah operasi mereka yang telah mengalami penurunan penjualan, penurunan pangsa pasar dan bahkan kehancuran total.

 

Ada 4 bidang dasar sebagai penentu keberhasilan bisnis dalam Ekonomi Digital, yaitu :

1.Pekerjaan Masa Depan

Pekerjaan Masa Depan

Orang-orang secara teratur bekerja dari kantor yang berbeda maupun rumah mereka. Semua mengharapkan tingkat konektivitas yang sama seperti yang dialami di kantor fisik. Munculnya perusahaan global membutuhkan organisasi untuk mengelola ekosistem yang dinamis dan memungkinkan proses bisnis digital yang efektif.

2.Pengalaman Pelanggan

Pengalaman Pelanggan

Dalam Ekonomi Digital, dari mulai pelanggan, bisnis sampai konsumen ingin berinteraksi selalu kapanpun dan dimanapun mereka inginkan dan dengan cara yang paling nyaman bagi mereka. Ide untuk memanfaatkan teknologi dalam menyatukan pengalaman pelanggan di dunia nyata dan dunia maya sering disebut pendekatan omnichannel atau multichannel.

3.Jaringan Pasokan Digital

Jaringan Pasokan Digital

Pada tahun 2030, diperkirakan kelas menengah global akan meningkat 3 kali lipat. Ada peningkatan tekanan pada sumber daya bisnis yang tumbuh pada tingkat yang lebih lambat 1,5 kali. Perusahaan harus membagi data secara aman dan real time agar perdagangan generasi berikutnya berkembang.

4.Internet of Things (IoT)

Internet of Things

IoT merupakan titik puncak di mana semuanya dapat terhubung satu sama lain. Penyatuan dunia fisik dan digital membawa setiap aset ke dalam pengaruh digital.

 

Ketika suatu organisasi dapat memahami inventaris aset fisik dan digital pada saat tertentu, mereka dapat beroperasi dengan presisi yang sebelumnya tidak dapat dibayangkan untuk membuka jalan bagi perusahaan lain agar menjadi pembeda yang menyenangkan.

 

Untuk bersaing di masa depan organisasi dan industri harus membutuhkan pemimpin dan karyawan yang mampu berinovasi.

 

Pakar bisnis terkemuka telah setuju bahwa Ekonomi Digital sudah dimulai.

Demas Reyhan Adritama

Seorang siswa TKJ SMK Telkom Purwokerto yang berusaha meningkatkan keahlian untuk menjadi Kreator Konten Digital

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *