BANYUMAS SIAP DUKUNG BERSAMA ASIAN GAMES 2018

Suatu kebanggan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Dengan mengadopsi semangat tersebut, saya sebagai blogger akan berbagi cerita tentang dukungan yang dilakukan di daerah saya, yaitu Banyumas, untuk mensukseskan ajang istimewa ini.

Indonesia untuk kedua kalinya akan menjadi tuan rumah untuk 45 negara, ±15000 atlet, ±7000 media, hingga ±30000 volunteer dalam Pesta Olahraga Asia.

    Asian Games 2018 adalah Pesta Olahraga Asia yang diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 18 Agustus – 2 September 2018, terdapat 2 kota yang menjadi tuan rumah, yaitu Jakarta dan Palembang, serta beberapa tempat di Provinsi Jawa Barat dan Banten sebagai tuan rumah pendukung.

    Ada 40 cabang olahraga yang akan dipertandingkan, terdiri dari 32 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimpiade.

    Asian Games adalah acara olahraga multi-event regional Asia yang diselenggarakan setiap 4 tahun sekali. Sebelumnya Asian Games diadakan di Incheon, Korea Selatan pada tahun 2014, yang kemudian pada tahun 2019 akan diadakan di Hanoi, Vietnam. 
    Terdapat 2 calon tuan rumah lainnya, yaitu Surabaya, Indonesia yang kalah dalam hasil pemungutan suara dan Dubai, Uni Emirat Arab yang mengundurkan diri.
    Hanoi, Vietnam ditetapkan sebagai tuan rumah Asian Games XVIII pada tahun 2012, namun 2 tahun kemudian yaitu pada tahun 2014 Hanoi, Vietnam mengundurkan diri sebagai tuan rumah Asian Games XVIII akibat kendala keuangan.
    Akhirnya Indonesia disetujui sebagai tuan rumah Asian Games XVIII. Awalnya penyelenggaraan Asian Games akan dilaksanakan pada tahun 2019, dikarenakan pada tahun 2019 Indonesia akan menyelenggarakan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden, akhirnya peyelenggaraan Asian Games XVIII dimajukan menjadi tahun 2018.
    Alhamdulillah Indonesia bisa menyelenggarakan Asian Games XVIII,  memang untuk menyelenggarakan Pesta Olahraga Asia ini membutuhkan biaya yang banyak, untuk revitalisasi Gelora Bung Karno saja telah menelan biaya sebesar Rp2,9 Triliun.
    Sebagai warga Indonesia kita harus bersyukur dan bangga terhadap Tanah Air kita, karena dapat meyelenggarakan Pesta Olahraga terbesar se-Asia. Kita juga wajib dukung bersama atlet-atlet Indonesia yang bertanding dan berjuang untuk dapat meraih peringkat pertama serta medali emas yang dapat membuat Indonesia dikagumi dan disegani oleh negara-negara di Asia.

    Dukungan itu dapat kita lakukan dengan cara :

  1. Menjadi Volunteer, untuk menjadi volunteer harus berumur minimal 18 tahun
  2. Membeli Produk UKM atau Dalam Negeri, so jangan sampai kehabisan, karena barang kerajinan khas dearah diproduksi dalam jumlah terbatas alias limited edition.
  3. Ikut dalam Pengarakan Obor Asian Games XVIII, tunjukkan pada dunia kalau kamu bangga jadi tuan rumah Asian Games XVIII
  4. Mengikuti kompetisi, ikut serta dalam kompetisi Asian Games 2018 yang diadakan di media sosial atau di daerah-daerah kamu
  5. Nonton Langsung di Stadion, sebagai tuan rumah ayo dukung bersama atlet-atlet Indonesia yang berlaga di Asian Games 2018

    Kamu juga dapat mensukseskan Asian Games 2018 dengan cara memviralkannya di media sosial kamu. Beberapa bulan yang lalu Presiden Jokowi mengundang puluhan artis, digital content creator, dan legenda olahraga ke Istana untuk demamkan Asian Games 2018. Semua tokoh yang diundang mengemban tugas khusus dari negara untuk mendemamkan Asian Games 2018, karena pada saat itu, kata Presiden Jokowi, masyarakat Indonesia belum panas oleh Asian Games 2018, masih anget, belum sampai demam 😉
    Mantan atlet seperti Susi Susanti, Alan Budikusuma, Richard Sam Bera juga datang memenuhi panggilan Presiden Jokowi.
    Setiap insan kreatif tersebut akan menggunakan keahlian masing-masing untuk membuat viral Asian Games 2018 di media sosial.
    Kamu juga dapat ikut memviralkan Asian Games 2018 dengan mengikuti kompetisi yang diadakan oleh Pemerintah Indonesia, terdapat 4 kompetisi, yaitu :

  1. Kompetisi Blog
  2. Kompetisi Video
  3. Kompetisi Foto
  4. Kompetisi Gapura
    Langsung daftarkan diri anda melalui website dukungbersama.id dan bitread.id/asiangames !

    Perhelatan Asian Games kali ini cukup unik, karena angka 8 yang terkandung di dalamnya. Pelaksanaan Asian Games edisi ke-18, tanggal 18, bulan 8 (Agustus), tahun 2018. Ya angka 8 dianggap membawa keberuntungan dan bentuk angka 8 yang tak terputus dipercaya membawa kesempurnaan. Ya, semoga pada Asian Games 2018 dapat membawa kebahagian terhadap atlet-atlet Indonesia untuk mengaharumkan nama bangsa Indonesia, Aamiin 🙏
    Asian Games kali ini juga cukup membanggakan, karena 1 hari sebelum Pembukaan Asian Games XVIII, yaitu tanggal 17 Agustus adalah Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, pastinya semua mata dunia khususnya Asia akan tertuju pada Upacara Hari Kemerdekaan Repubik Indonesia dan pastinya Pemerintah sudah menyiapkan kegiatan-kegiatan seru untuk para kontingen Asian Games XVIII.
    Bulan Agustus juga merupakan bulan yang sangat bersejarah bagi saya, karena pada bulan tersebut saya lahir, tepatnya tanggal 20 Agustus 2002. Jika para atlet Indonesia dapat meraih peringkat 1 dan medali emas, itu merupakan kado terindah untuk saya 🎁
    Saya lahir di Banyumas, salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Banyumas memang belum pernah menjadi kota tuan rumah Asian Games, tetapi semangat dan antusiasme masyarakat Banyumas untuk dukung bersama Asian Games 2018 patut diacungi jempol 👍. Banyumas memang terkenal dengan suporternya yang fanatik, contohnya suporter Persibas Banyumas, yaitu Laskar Bombastik, Bombastik adalah singkatan dari Bocah mBanyumas Suporter Fanatik, dari namanya saja sudah kelihatan 👀. 
    Suporter Indonesia memang dikenal dengan suporter fanatik, contohnya saja baru-baru ini kompetisi badminton, yaitu Indonesia Open 2018  yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, dan AFF U-19 Championship  yang diadakan di Gelora Delta Sidoarjo, penonton dari Indonesia memenuhi tribun-tribun yang ada di dalam stadion, mereka bernyanyi dan bersorak-sorai yang pastinya untuk mendukung para atlet yang berlaga.
    Walaupun Banyumas tidak menjadi tuan rumah Asian Games 2018, banyak dukungan yang dilakukan oleh masyarakat Banyumas untuk mensukseskan Asian Games XVIII, seperti memasang baliho di tepi-tepi jalan, di kantor-kantor pemerintahan, di kantor polisi, di kodim maupun korem, di tempat-tempat umum (rumah sakit, alun-alun, dan pusat-pusat perbelanjaan). Saat di pusat perbelanjaan kita dapat mendengarkan Official Theme Song Asian Games 2018, musik-musik itu dimainkan untuk menghibur para pengunjung yang datang dan pastinya untuk mensosialisasikan Asian Games 2018.

Dukungan tidak hanya dilakukan dengan menonton langsung di stadion, tetapi banyak cara yang dilakukan, seperti mengikuti kompetisi, mensosialisasikan dan pastinya berdoa .

Jangan lupa juga untuk mendukung para atlet difabel Indonesia di Asian Para Games 2018, yang diadakan tanggal 6 – 13 Oktober 2018 di Jakarta. Terdapat 18 cabang olahraga yang dipertandingakan. Mereka juga berjuang untuk mengharumkan nama Indonesia.

Ayo #dukungbersama #asiangames2018 untuk menuju Indonesia Baik !

 

Demas Reyhan Adritama

Seorang siswa TKJ SMK Telkom Purwokerto yang berusaha meningkatkan keahlian untuk menjadi Kreator Konten Digital

Mungkin Anda juga menyukai

4 Respon

  1. cvtugu berkata:

    ayo kita meriahkan ajang Asean Games 2018 di palembang, semoga kita menjadi tuan rumah yang bisa bikin negara-negara lain betah.

  2. Demas Reyhan berkata:

    Siap,
    #YogyaIkuNgangeni

  3. Demas Reyhan berkata:

    Itu harusnya Asian bukan Asean !

  1. 23 Januari 2019

    […] tahun yang membanggakan bagi rakyat Indonesia, karena pada tahun 2018 Pesta Olahraga Asia, yaitu Asian Games ke-18 diadakan di Indonesia. Setelah menunggu selama 56 tahun, akhirnya Indonesia kembali menjadi tuan […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *