Cara Menambah Daya Ingat

Daya Ingat

 

Halo, para pembaca Deread Blog
Apa kabar ?
Berjumpa lagi di artikel DEREAD BLOG ke-4, di artikel ini saya akan memberikan tips cara menambah daya ingat, nih.

 

Lupa dan ingat adalah 2 hal yang paling sering dialami manusia sepanjang hidupnya. Dengan mengingat segala hal penting pastinya bisa membuat urusan kita lebih mudah, sebaliknya kalau sedikit-sedikit lupa dan lupa lagi, awas jadi orang yang cepat pikun.

 

Ada beberapa cara yang bisa membantu kita menambah kemampuan mengingat, antara lain :
 

1. Makanan Untuk Berpikir

Makanan Untuk Berpikir

Untuk menjaga ingatan tetap muda meski otak mulai menua, ilmuwan menyarankan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti blueberry, apel, pisang, sayuran hijau, bawang dan wortel. Antioksidan merupakan molekul yang dengan mudah mengikat dan menetralkan elektron yang disebut dengan radikal bebas yang berkeliaran secara bebas di aliran darah. Radikal bebas ini bertambah seiring usia dan bisa membunuh otak. Sebagian besar otak terbuat dari lemak sehat, termasuk yang paling penting adalah omega 3. Supaya otak bisa memperbaiki dirinya sendiri dan menjadikan neuron-neuron tersambung dengan benar, kita harus memberikan makanan yang tepat untuk otak. Nah, omega 3 dapat ditemukan di banyak jenis ikan dan kacang-kacangan.

 

2. Kunyah Permet Karet

Kunyah Permen Karet

Penelitian pada tahun 2002 yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa mengunyah permen karet memberikan hasil yang lebih baik pada uji ingatan jangka panjang dan jangka pendek,  dibandingkan dengan mereka yang tidak mengunyah apapun. Para ilmuwan menduga, tindakan mengunyah permen karet akan menghasilkan air liur yang meningkatkan denyut jantung dan dapat mempengaruhi fungsi daerah otak yang diberi nama hippocampus yang menyebabkan tubuh melepaskan insulin sebagai persiapan untuk metabolisme makanan.

 

3. Permainan Otak

Permainan Otak

Sebuah program yang disebut dengan Lumosity, dikembangkan dengan bantuan ilmuwan saraf dan psikolog kognisi dari Stanford University dan University of California di San Francisco, secara khusus dirancang untuk orang tua yang ingin memperbaiki ingatan, konsentrasi, keterjagaan dan bahkan mood mereka. Tentu saja, selalu ada olahraga otak yang klasik dan murah meriah, seperti sudoku dan teka-teki silang yang bisa ditemukan di mana saja. Latihan-latihan itu akan menambah pengetahuan dan membantu saraf-saraf di otak untuk saling bersambungan.

 

4. Tidur

Tidur

Dalam skala penelitian di laboratorium menggunakan tikus, saat tikus tidur, 2 area di otak yaitu hippocampus dan medial prefrontal cortex, area yang berkaitan dengan pengambilan ingatan dari masa lalu (baik di manusia / tikus) berputar menayangkan kejadian-kejadian sepanjang hari itu. Proses ini dipercaya sangat penting untuk mengonsolidasikan dan merapikan file-file ingatan-ingatan baru yang terbentuk.

 

5. Berjalan Kaki

Berjalan Kaki

Penelitian menunjukan bahwa pusat ingatan di otak yang disebut hippocampus menyusut seiring usia. Namun penelitian pada tahun 2011 memberikan kabar bagus yaitu orang dewasa yang beranjak tua yang rutin malakukan jalan kaki dapat mempertahankan volume hippocampus. Penelitian yang dipimpin oleh Arthur Kramer dari University of lllinois Urbana Champaign itu melibatakan 60 manusia lanjut usia yang berumur 55-80 tahun. Mereka melakukan jalan kaki tiga kali seminggu masing-masing selama 40 menit.

 

 

Itulah 5 Cara Menambah Daya Ingat,

Kalian bisa mencoba salah satu caranya atau bisa semuanya agar daya ingat anda tinggi.

Sekian,

Sampai jumpa di artikel Deread Blog berikutnya ➡

Demas Reyhan Adritama

Seorang siswa TKJ SMK Telkom Purwokerto yang berusaha meningkatkan keahlian untuk menjadi Kreator Konten Digital

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *